Pengen Kerja WFH? Simak 5 kerjaan yang menerapkannya!

Istilah remote working semakin familier sejak pandemi Covid 2020. Banyak perusahaan menentukan menerapkan proses kerja ini dikarenakan dinilai lebih efisien dan untungkan bagi perusahaan maupun karyawan.

Remote working sendiri atau kerja jarak jauh adalah proses atau rancangan kerja di mana karyawan mampu selesaikan pekerjaan berasal dari mana saja tanpa kudu mampir ke kantor. Pekerjaan-pekerjaan berikut mampu ditunaikan berasal dari kafe, rumah, perpustakaan, area kerja bersama, dan tempat-tempat lainnya.

Apakah kerja jarak jauh atau remote working sama bersama WFH? Apa saja tipe pekerjaan remote working yang paling banyak dicari di Indonesia? Simak jawabannya didalam serba-serbi kerja jarak jauh berikut ini!

Perbedaan Remote Working dan WFH?

Remote working dan work from home (WFH) sebenarnya miliki kesamaan dikarenakan keduanya sama-sama selesaikan pekerjaan di luar kantor. Namun, wilayah kerja dan sarana yang diberikan perusahaan untuk karyawan remote working tidak serupa bersama karyawan WFH.

Untuk karyawan WFH, aktivitas pekerjaan hanya ditunaikan berasal dari rumah. Biasanya, perusahaan bakal mengimbuhkan sarana cost internet pada karyawan yang WFH. Sementara itu, karyawan yang kerja jarak jauh mampu bebas bekerja berasal dari mana saja. Beberapa perusahaan lebih-lebih mempersiapkan bujet tertentu untuk karyawan yang idamkan bekerja di professional workspace.

5 Jenis Pekerjaan Remote Working Paling Dicari

Tidak semua pekerjaan mampu ditunaikan secara remote working. Dari semua pekerjaan yang mampu ditunaikan berasal dari jarak jauh, berikut daftar pekerjaan remote working yang paling banyak dicari di Indonesia.

1.     Social Media Manager

Pekerjaan pertama yang mampu ditunaikan berasal dari jarak jauh adalah social media manager. Tugas seorang social media manager adalah mengelola media sosial perusahaan. Termasuk di dalamnya, berencana siasat marketing, membuat posting dan caption, serta menjawab pertanyaan customer.

Jenis pekerjaan ini merupakan keliru satu pekerjaan yang mengalami perkembangan pesat sejak pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan bersama diberlakukannya social distancing oleh pemerintah, masyarakat tidak lagi mampu bebas belanja di luar.

Oleh dikarenakan itu, perusahaan kudu pendekatan lain. Salah satunya, bersama aktif promosi di media sosial yang dikelola oleh social media manager.

2.     Digital Marketing/ Online Marketing

Pekerjaan jarak jauh seterusnya adalah digital marketing atau online marketing. Profesi ini termasuk mengalami perkembangan pesat didalam lebih dari satu tahun belakangan. Digital marketing sendiri adalah orang yang bertanggung jawab memasarkan dan menjangkau target pasar yang lebih luas bersama siasat digital, salah satu contohnya adalah penyedia jasa SEO bulanan

Dengan tugas dan tanggung jawabnya ini, seorang digital marketing dituntut untuk menguasai bermacam macam siasat pemasaran secara digital. Strategi pemasaran digital tersebut, pada lain search engine marketing, email marketing, media sosial, pay per click, dan SEO management. Detail selengkapnya cek disini

3.     Writer

Profesi seterusnya yang mampu ditunaikan secara remote working adalah penulis. Baik itu copywriter untuk media sosial, content writer, jasa penulisan artikel, atau jasa penulisan lainnya. Tugas seorang penulis tentu saja membuat postingan yang cocok bersama keperluan perusahaan.

Untuk menggeluti profesi penulis, kamu kudu miliki pengetahuan dasar berkenaan teknik-teknik kepenulisan dan kreatif. Jadi, kamu mampu membuat bermacam tipe postingan untuk media yang berbeda-beda.

4.     Desainer Grafis

Desainer grafis adalah keliru satu pekerjaan yang mampu ditunaikan jarak jauh berikutnya. Tugas seorang desainer grafis sudah pasti terjalin bersama desain, seperti membuat desain media sosial, prototype produk, buat logo perusahaan, sampai membuat desain UI/UX.

Dengan tugasnya ini, seorang desainer grafis kudu menguasai software desain, solutif dan inovatif, serta mampu berpikir kreatif. Selain itu, untuk bekerja secara remote, desainer grafis termasuk kudu miliki peralatan kerja yang mumpuni dan membantu pekerjaannya.

5.     Data Analyst

Jenis pekerjaan paling akhir yang biasa remote working adalah data analyst. Seorang data analyst bertugas menyita dan menginterpretasikan data agar gampang dimengerti oleh perusahaan. Dengan demikian, perusahaan mampu menyita ketetapan berdasarkan data tersebut.

Data analyst berperan memproses data yang rumit menjadi lebih gampang dan menyajikannya didalam wujud tabel, grafik, atau lebih-lebih laporan. Oleh dikarenakan itu, seorang data analyst kudu teliti dan miliki kebolehan analisa yang tinggi.

Nah, demikian serba-serbi berkenaan kerja jarak jauh dan jenis-jenis pekerjaan yang biasa menggunakan proses kerja ini. Sistem kerja remote mampu diterapkan oleh siapa saja, baik pekerja freelance maupun karyawan perusahaan asal senantiasa mematuhi aturan perusahaan didalam lakukan pekerjaannya.

Sementara itu, perusahaan senantiasa mampu memantau kinerja karyawan yang remote working menggunakan Nusawork. Ini adalah proses pengelolaan kehadiran dan manajemen karyawan yang mampu membantu HR maupun manajer perusahaan didalam memonitor kehadiran sampai mengelola benefit karyawan. Yuk, cari memahami lebih banyak berkenaan Nusawork di sini!